Sejarah Chopper Style
Sejarah asal mula CHOPPER
Sejarah Perkembangan.
sebelum munculnya era choppers adalah hadir terlebih dahulu era "bobbers" yang berasal dari kata "bobbed" atau melepaskan sebagian besar beban dari motor, pada umum nya adalah melepas atau memotong fender depan dan belakang dengan tujuan untuk membuat motor menjadi lebih ringan dan juga laju motor lebih cepat dan motor menjadi lebih simple.
Selain itu penampilan motor itu sendiri menjadi lebih unik dan eye cacthing bagi para bikers,aliran bobbed ini juga adalah asal mula dari aliran "minimalist rider" contoh terdahulu dari bobber adalah 1940 indian sport "bob-job" yang telah di hadirkan di pertunjukan "the art of the motorcycle exhibitions" indian scouts dan indian chiefs yang hadir pada masa nya dengan tampilan extra large fenders depan dan belakang yang hampir menutupi keseluruhan roda nya begitu juga dengan luxurius 1941 indian series 441, sementara motor racing hanya menggunakan fenders yang kecil atau bahkan tanpa fenders sama sekali.
ukuran motor yang besar dengan kelengkapan yang selalu full covers menjadi inspirasi bagi para modifikator pada era itu untuk menjadikan motor itu sebagai bahan seni yang indah untuk di olah ulang atau di modifikasi.
Para bobbed dan minimalis menginspirasi generasi selanjutnya menciptakan aliran "cafe racers"
dan "choppers" akan menjadi era baru yang berkembang dan menjelajahi berbagai era aliran modifikasi motor masa sakarang.
ini adalah tampilan original dari Harley Davidson. the American Classic 750cc WLC 1943!
seperti kita lihat penampilan nya yang bongsor dan berkesan berat sangat terlihat, atas pertimbangan itu lah para modifikator berupaya melepas parts motor atau meminimalisir parts yang ada.
dan selanjut nya dibawah ini adalah contoh Harley Davidson Bobber Style.
bisa kita lihat perbedaan nya sekarang, tidak ada fender depan, engine guard bar, dan fender belakang dipangkas seminimal mungkin, demikian juga dengan exhaust tip yang di pendekan.
Di Amerika Serikat pada zaman perang dunia ke II,mekanik yang pulang dari peperang,mereka mulai melepaskan bagian dari motor yang sudah rusak dan tidak terpakai lagi atau bagian yang tidak berarti sama sekali dan tidak berpengaruh pada kinerja mesin seperti fenders depan dan belakang,indikator on/off mesin,spedo meter dan bahkan rem depan juga di lepaskan.
Ini adalah tampilan masa peralihan dari era Bobbers ke Choppers.
Spring saddle yang tinggi dan besar juga di lepaskan dengan tujuan agar si pengendara duduk serendah mungkin ke bagian frame motor tersebut,dan yang utama adalah pada bagian mesin nya yang di setting ulang agar performance mesin meningkat secara extreme,yang kadang di setting untuk dirt-track dan mud-race.
Footrest yang di tempatkan di bagian sangat depan menggantikan standar footrest yang extra lebar,begitu juga dengan ban depan yang lebar,lampu depan yang besar,fuel tank dan oil tank yang besar pun di ganti dengan yang lebih kecil dan simple.
Kebanyakan choppers menggunakan cat dan warna yang tidak umum dan jarang sekali menjadi cat atau di gunakan sebagai warna dasar pabrikan,contoh nya adalah warna "flat black,shiny metallic,metal flake and glamour glitters" menjadi opsi bagi para choppers builder.dan juga belakangan ini banyak bagian dari parts motor yg menggunakan "chrome" bahkan chrome menjadi salah satu pilihan warna untuk motor itu sendiri.
Choppers shop atau lebih sering disebut "chop shop" membuat sendiri berbagai macam aksesoris motor,seperti membuat handle bars,foot rest,exhaust pipe,fenders fuel tank,oil tank dan bahkan memproduksi sendiri secara terbatas frame dan forks motor yang mempunyai ciri khas tersendiri.
dibawah ini adalah contoh beberapa motor era bobbed chopped :
bisa kita lihat kesamaan pada motor di atas yaitu : high bars/ape bar, fork depan yang panjang, ban depan yang tipis dan lingkaran yang lebih besar, foot rest/step di pindah kan/di majukan kedepan, exhaust pipe yang di potong/di pasang lebih panjang, juga cat/pewarnaan motor lebih eye catching dan berbeda.
Dengan perubahan yang sangat ekstreme dari settingan pabrikan menjadikan choppers cukup sulit di kendalikan dalam kecepatan rendah tapi sangat sangat stabil dan nyaman pada kecepatan tinggi dan kecepatan tertentu, ini di sebabkan oleh perubahan pada frame asli yang di rubah oleh para builders,dan perubahan fork depan yang menjadi lebih panjang dan tinggi menjadi salah satu faktor handling pada choppers, bagian belakang di desain dengan ban belakang yang sangat lebar dan besar tetapi berdiameter kecil selain itu di bagian belakang di lengkapi dengan backrest yang extreme tingginya bahkan bisa melebihi tinggi kepala riders itu sendiri,kemudian bagian tempat duduk pengendara yang di desain serendah mungkin,bagian foot rest yang di pasang lebih memanjang kedepan dan bagian depan motor yang menggunakan "high bars" dan fork depan yang panjang,band depan yang kecil tetapi berdiameter sangat besar juga penggantian fenders depan dan belakang dengan yang lebih extreme minimalist dan juga pada tank bensin dan tank oli yang di rubah dengan yang lebih kecil,
simple dan nyentrik menjadikan gaya aliran choppers lebih menarik perhatian riders lain nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar